usum lang-layangan di Parungkuda

Usum halodo atos dongkap

Kareta nuju teu aktip

Rel seueur jalmi nu ngabuburit

Ibu-ibu sareng barudak alit

Sanes usum saum

Sanes aya nu ngajual bubur sumsum

Padahal mah kamari karak hujan di Parungkuda

“Cuaca sok barubah di Indonesia

el nino sareng la nina, dipole mode, sirkulasi monsun Asia-Australia…”

Ah, teu nyaho nanaon urang mah

Ah, da emang teu ngartos soal anu mangaruhan cuaca di Indonesia mah

Mendingan urang mentang

Usum lang-layangan

Hayo urang nu menang

Urang jeung maneh geura perang

Lang-layangan nu di awang-awang

“Urang, mah bagean ngaronce da”

Eta meuni gagah mamawa awi

Hayulah saha nu menang

Menang di langit atawa di taneh

Parungkuda, 18 September 2013

Ageung

6 pemikiran pada “usum lang-layangan di Parungkuda

  1. […] Cerita main layangan dan aktivitas di bantaran rel stasiun parungkuda ini diangkat dalam foto yang ditambahkan narasi bergaya puisi bahasa sunda oleh Ageung di blog #dariWarga nya, yuk simak bagaimana cerita asyiknya anak-anak duduk santai bareng teman-temannya di sore hari sambil sebagian dianataranya main layangan, serta ibu-ibu yang ngabuburit padahal bukan bulan puasa >>> USUM LAYANGAN DI PARUNGKUDA […]

  2. Jadi ingat, dulu sewaktu di Pekanbaru, ada tanah lapang yang letaknya sekitar sepuluh meter dari rumah. Setiap sore, di musim-musim panas gitu, anak-anak di lingkungan rumah bermain layang-layang di sana. Abang, kakak dan adik juga ikutan, meskipun saya sendiri belum pernah berhasil menerbangkan satu layangan pun (sebenarnya permainan layang-layang termasuk permainan yang saya gak bisa hahahaha).

    Bagus Ageung, terus berkarya membuat foto-foto esai dan puisi seperti ini… sebuah cara yang kreatif yang segar dalam menangkap peristiwa massa di sekitar kita. Mantap!🙂

  3. Bagus sekali dian… cerita dikemas dalam bentuk sajak dengan bahasa sunda lagi… bagus. Terimakasih sdh membuatny.

  4. Hi ka ageung… aku boleh tahu arti bahasa indonesia puisinya apa ya? el nino la nina itu maksudnx ttg perubahan arah angin ga sih? Mohon dibales. Makasih sebelumnya.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s